Minggu, 03 Mei 2015

Tips cepat mengerjakan skripsi


Assalamualaikum kawan-kawan seperjuangan !!

Saya baru saja menyelesaikan skripsi, dan udah di ACC dosen guys, tinggal menunggu waktu sidang saja

Sudah menjadi rahasia umum kalau skripsi itu emang buat mahasiswa-mahasiswa terkhusus tingkat akhir galau bukan main, kalau nggak tahan bisa bisa lebih memilih berhenti dan segera menikah saja, bahkan dalam beberapa kasus
yang terjadi ada yang sampe bunuh diri gara-gara skripsi nggak kelar-kelar. ada juga kasus yang nggak makan-makan gara-gara ngejar deadline skripsi.

Atas dasar tersebut kiranya penulis mencoba untuk berbagi tips kepada kawan-kawan berdasarkan pengalaman penulis tentunya.

1. Mempersiapkan Skripsi se-dini mungkin

Biasanya kebanyakan mahasiswa semester akhir itu merasa bingung untuk benar-benar mengajukan judul sebagaimana kapasitas pemahamannya dan serius untuk dijadikan skripsi. wal hasil kebingungan dan berujung pada kegalauan yang penuh ketidakpastian. alias di PHP in Dosen.  mulailah untuk sering mengunjungi perpustakaan minimal seminggu sekali, guna melihat-lihat kumpulan skripsi kakak angkatan, dari situ biasanya banyak inspirasi dan ide-ide untuk mengangkat suatu tema tertentu.

2. Peka terhadap masalah

Skripsi itu adalah tentang masalah, jadi yang dicari untuk pembuatan skripsi ya masalah, masalah nggak ada habisnya untuk dibahas jadi kalian dituntut untuk peka terhadap masalah yang berkaitan dengan jurusan kalian pastinya. Latihlah kepekaan kalian akan masalah tertentu, misalnya yang berkenaan dengan sosial, politik maupun budaya. untuk melatih kepekaan kalian perlu up to date terhadap isu-isu yang berkembang.

3. Memilih dosen yang tepat

Ketahuilah, pemilihan dosen menjadi unsur penting dalam keberlangsungan skripsi kalian, kalian harus benar-benar memilih dosen yang layak dan bertanggung jawab untuk membimbing kalian, kebanyakan teman-teman saya tersendat karena dosen yang super sibuk, ops tapi jangan mengkambinghitamkan dosen kalau kalian malas-malasan dan gak serius. jika sudah memilih dosen yang tepat, sering lah berkomunikasi baik bertemu langsung maupun lewat SMS.

4. Menjadwalkan malas

Setiap mahasiswa akhir pasti merasakan kemalasan tingkat dewa, itu sudah menjadi keharusan kalian perlu memenage kemalasan sebaik mungkin biar jangan sampe kebablasan malasnya, malas sih sah-sah saja. Saya sendiri hari malas saya jadwalkan dalam kalender pengerjaan skripsi saya, walaupun tidak sepenuhnya berhasil, karena ketika pengerjaan terkadang juga saya merasa malas, nah, disitu kadang saya merasa sedih. Tapi dengan menjadwalkan malas pastinya kita menjadi tahu statistik kemalasan kita, sehingga kalau kira-kira udah kelewatan malasnya, maka seketika akan menimbulkan kerajinan yang harus.

5. Memotivasi Diri Sendiri

Betul, mahasiswa yang menghadapi skripsi adalah mahasiswa yang membutuhkan motivasi, jangan ragu untuk memotivasi diri sendiri, selalu katakan pada hati yang terdalam bahwa kamu bisa melewati skripsi dengan meraih gelar sarjana dan wisuda. saya selalu menempelkan beberapa keinginan saya di depan meja belajar, menempelkan kata-kata penuh motivasi di setiap dinding kamar sekaligus memajangkan foto kedua orang tua saya. ya, karena bagi saya motivasi terbesar dalam hidup adalah orang tua. 

6. Segera tulis dan kerjakan ide yang terlintas jangan menunda karena akan hilang dan lupa

Ide itu tidak bisa dipaksakan untuk hadir makanya kamu perlu membawa note kemana-mana, untuk mencatat ide tersebut. Tidak ada kata malas, kalau udah nemu ide , kalian harus segera bergerak mencatat idenya dan mulai mengerjakan hingga tuntas. seperti kata pepatah arab : "Al-ilmu Shoydun wal kitabatu Qoyduhu, Qoyyid Shuyudaka bil khibalil watsiqoti" Artinya : Ilmu itu seperti buruan, kalo nggak diikat ya dia akan segera lari.

7. Jangan ragu minta bantuan teman

kalian punya banyak teman, cerita dan sharinglah apa yang kalian butuhkan untuk menunjang skripsi kalian, terkadang kalian kesulitan mencari referensi tertentu ternyata teman memiliki dan mengetahui referensi tersebut pastinya itu sangat membantu. saya sendiri meminta beberapa teman untuk merevisi draf skripsi sebelum disetorkan ke dosen begitupun sebaliknya.

8. Segera lengkapi segala persyaratan Sidang (pendadaran)

Sebelum sampai pada munaqosyah (pendadaran) ada beberapa persyaratan yang harus kalian penuhi, misalnya sertifikat tertentu yang diwajibkan pihak kampus, biasanya sih sertifikat : OPAK, SOSPEM, TOEFL, TOWAP dll. segera check kembali kelengkapan sertifikat2 tersebut, dan Rileks lah menghadapi munaqosyah.

Sekian tips dari saya, mungkin kalian mau nambahin, silahkan koment ya tips kalian, semoga bermanfaat


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon