Minggu, 25 Oktober 2015

Bagusan mana Blogspot atau Wordpress ?

 
Jika seorang ingin membuat website secara gratis pastinya ia akan dihadapkan oleh dua produsen pengembang website yang merajai dunia perwebsitan yaitu Blogspot dan Wordpress. Blogspot dikembangkan oleh google sehingga menjadi satu paket otomatis ketika anda mendaftar akun google seketika anda mempunyai akun blogger, sedangkan wordpress adalah CMS paling populer diantara CMS yang ada, kebanyakan pengguna CMS merekomendasikan untuk menggunakan Wordpress karena kemudahan dalam meyetting dan mengcustomize bahkan untuk memastikan kemudahan layanannya pihak wordpress mengklaim tidak ada html dalam settingan wordpress sehingga setiap user tidak disibukkan dan dibuat pusing dengan kode-kode html maupun css. Banyaknya plugin dan template yang mudah diakses menjadi alasan kuat yang membuat user semakin nyaman menggunakan Wordpress.

Saya sendiri telah menggunakan Blogspot sejak awal 2012, dan mulai mencoba wordpress pada awal 2015 atas rekomendasi beberapa teman dan rasa penasaran juga. Untuk orang yang pertama kali ingin membuat web ketika langsung mencoba Blogspot sebagai platformnya pasti sangat sulit sekali karena harus memahami bagaimana fungsi dari html ketika mencoba mengatur penampilan template, walaupun pihak blog sudah menyediakan beberapa template bawaan tapi tetap saja pengaturannya membutuhkan anda untuk mengetahui html. Dan untuk memahami html juga perlu waktu yang lama karena anda dituntut untuk fokus serta teliti dari setiap kode maupun scriptnya agar dapat terbaca ketika ditampilkan, jujur sampai saat ini saya juga masih dalam tahap memahami html.

Pemandangan diatas jelas berbeda ketika anda mencoba Wordpress sebagai platformnya, anda akan dibawa ke dashboard dan berselancar dengan beberapa fitur yang mudah dipahami.  membuat laman, menu, customize template, dan plugin yang bisa anda gunakan untuk memperindah tampilan website, anda sama sekali tidak menjumpai html disini.

Dari segi statistik pengunjung dan SEO pengguna Blogspot lebih diuntungkan karena dipayungi oleh google. Tulisan anda akan lebih mudah untuk berada di halaman depan pencarian google. dibandingkan wordpress, anda masih harus menggunakan plugin SEO dan menyiasati tulisan untuk sampai di halaman depan mesin pencari. walaupun demikian semua tetap tergantung keaktifan web anda, seberapa sering anda menulis, mengupdate, dan mempromosikan web anda.

Domaining, jika anda nyaman dengan domain blogspot atau wordpress di url web anda, tentu anda tidak perlu memberi domain khusus untuk web anda, tapi jika tidak maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Proses domaining di Blogspot lebih mudah anda hanya perlu melakukan setting pihak ke-tiga di blogspot dan menunggu jeda waktu agar domain aktif. Berbeda dengan wordpress proses domain lebih sulit dan memerlukan anda untuk mengeluarkan gocek yang lebih karena anda harus membeli hosting untuk wordpress anda ditempatkan, semakin besar bandwith hosting, maka semakin mahal karena bandwith juga menentukan kecepatan web anda dapat diakses oleh orang lain. 

Bagusan mana ? Komen di bawah ya,,,

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon