Minggu, 10 Juli 2016

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1437 H


Idul Fitri berarti kembali kepada fitrah, fitrahnya manusia ketika pertama kali hadir ke dunia, putih bersih dan suci. setelah tumbuh, melewati perjalanan kehidupan kian dewasa maka mulailah bani Adam yang tadi dilahirkan melakukan kesalahan-kesalahan yang mungkin menyinggung orang orang disekelilingnya baik saudara, teman maupun orang tua. karena setiap individu membawa standard nilai yang telah terkonstruksi dari pengalamannya masing-masing dan setiap kelompok memiliki kesepakatan akan peraturan dan moral tertentu sehingga kesalahan amat sangat dimungkinkan bagi manusia selagi ia hidup di dunia. sebagaimana bunyi hadits "Al-insanu Mahallu al-nisyan wa al-khata" Manusia adalah tempatnya lupa dan salah.

Idul fitri dapat dimaknai sebagai puncak momentum dari upaya penyucian diri atas dosa (Tazkiyatu al-nafs) yang telah kita lakukan baik dosa yang bersifat spiritual maupun sosial, baik dosa yang disadari maupun tidak disadari. Saling meminta maaf dan memaafkan satu sama lain tulus dari dalam hati sebagai instrumen yang menghubungkan kedua belah pihak atas kekeringan spiritual dan kesenjangan sosial sehingga tercipta hubungan yang seimbang baik vertikal maupun horizontal "Hablun min Allah wa hablun min al-naasi"

Dalam menjalankan instrumen prosesi bermaafan maka setiap pribadi akan berada pada situasi interaksi, dengan demikian akan memperbaiki pola hubungan keduanya, hubungan tetangga yang selama bertetangga tidak saling kenal karena tidak saling sapa, hubungan kepala desa dengan warga yang selama menjabat tidak melihat kondisi warganya atau sebaliknya kondisi warga yang tidak mau tahu kepala desanya, hubungan anak dengan orang tua, hubungan suami dengan istri, hubungan menantu dengan mertua dll. Oleh karena itu dengan beridul fitri maka akan menjadikan hidup kita lebih baik lagi kedepan tidak hanya secara individual melainkan juga secara komunal.

Hari ini, walaupun pada saat saya menulis ini adalah hari ke-5 lebaran, dan masih dalam suasana Idul Fitri makanya kembali saya mau mengucapkan minal aidin wal faizin mohon maaf lahir dan batin untuk semua saudara, kerabat dan teman sekalian semoga amalan-amalan di bulan ramadhan kemarin menjadikan kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi.


Yogyakarta
10 July 2016


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon