Rabu, 12 Juli 2017

MUBES IKMP XI UIN Sunan Kalijaga


Beberapa waktu yang lalu tepatnya pada tanggal 14 Juni 2017 saya dan teman-teman pengurus IKMP (Ikatan Keluarga Mahasiswa Pasca Sarjana) UIN Sunan Kalijaga, mengadakan musyawarah besar dan melaporkan hasil program kerja yang telah dilaksanakan, IKMP merupakan asosiasi yang mewadahi beberapa kegiatan akademik para mahasiswa Pascasarjana yang terdapat di UIN Sunan Kalijaga, yang tujuannya adalah untuk meningkatkan produktivitas karya ilmiah sekaligus memajukan budaya literasi berbasis riset bagi segenap mahasiswa pasca sarjana.

Peran IKMP dalam memajukan dunia literasi berbasis risetpun cukup membuahkan hasil yang positif tentu saja berkat semangat dan solidaritas teman-teman Pasca sarjana serta dukungan para Dosen terbukti IKMP mampu menyelenggarakan Graduate Forum, sebuah forum akademik yang diperuntukkan kepada seluruh mahasiswa pasca sarjana se-Indonesia, dimana setiap peserta dari berbagai disiplin keilmuan bertemu untuk saling berbagi pengetahuan dari riset yang telah dilakukan.

Pada Mubes kali ini panitia mengusung tema "Tanggung Jawab Dunia Akademik Dalam Isu-Isu Global" sebuah tema yang menuntut peran para akademisi memiliki sikap tanggung jawab terhadap ke-ilmuan yang telah didapat dan aplikasinya pada masyarakat. Dalam Mubes tersebut hadir pula Prof.Noorhaidi Hasan selaku direktur Pasca Sarjana dan Dr. Phil. Sahiron Syamsuddin selaku Wakil Rektor II. 

Prof. Noorhaidi Hasan menyampaikan kegelisahan akan rendahnya daya saing para akademisi Indonesia dalam dunia Internasional dan minimnya karya yang dihasilkan khususnya bagi mahasiswa pasca sarjana, kegelisahan beliau itu pula yang menginspirasi terciptanya Graduate Forum. Sedang Dr. Phil Sahiron menyampaikan pengalamannya dan menekankan agar setiap mahasiswa memiliki keberanian untuk menyampaikan keilmuannya di ruang publik apapun resikonya sepanjang yang disampaikan adalah hasil belajar dan dapat dipertanggung jawabkan.

Setelah penyampaian orasi ilmiah tersebut giliran saya dan teman-teman pengurus melaporkan program kerja dari tiap-tiap kementrian yang terdapat dalam IKMP, mempertanggungjawabkan amanah yang telah diemban selama periode kepungurusan dan kegiatan apa saja yang telah dilaksanakan. 

Akhirnya selaku mahasiswa dan juga pengurus sayapun ikut berproses bersama teman-teman menyalurkan semangat dan membangun solidaritas untuk memajukan dunia literasi berbasis riset dalam ruang lingkup mahasiswa walaupun masih banyak yang belum terlaksana dengan baik.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon